Phone: 0341-578182HP. 62816553755 Email: [email protected]

7 Jurus Rahasia Dapat Skor 155 TKP CPNS 2019

25 September 2019 21:06


Tes Karakteristik Pribadi (TKP) merupakan salah satu momok yang mematikan dalam tes SKD CPNS 2018. Fenomena tersebut diperkirakan juga akan terjadi pada tes CPNS 2019. TKP merupakan rangkaian tes CPNS yang termasuk dalam kategori psikologi. Tes ini dimaksudkan untuk menilai dan mengukur kamampuan peserta tes CPNS baik aspek personal maupun aspek dalam organisasi.

Bagi yang tidak mau nilai TKP akan mengganjal Anda lulus CPNS tahun 2019, Anda wajib membaca  7 Jurus Rahasia Dapat Skor Minimal 155 pada TKP.

Baca baik-baik ya, pelan-pelan,  penuh perasaan. He..he.. (maaf biar tersenyum)

Jurus Pertama : Anda harus tahu kisi-kisi soal TKP

Ada dua aspek yang diukur pada tes TKP yaitu aspek sebagai personal dan aspek kemampuan organisasi.  Aspek kemampuan sebagai personal diantaranya :

  1. Integiritas diri
  2. Profesionalisme
  3. Teknologi informasi dan komunikasi
  4. Semangat berprestasi
  5. Kreativitas dan inovasi
  6. Kemampuan beradaptasi
  7. Kemampuan mengendalikan diri
  8. Kemampuan bekerja berkelanjutan
  9. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  10. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain

Sedangkan aspek kemampuan dalam organisasi diantaranya :

  1. Pelayanan publik
  2. Sosial budaya
  3. Jejaring kerja/kemitraan
  4. Orientasi pada pelayanan
  5. Orientasi pada orang lain
  6. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok

Jurus Kedua :Anda harus tahu indikator setiap aspek

Sebagai contoh indikator aspek profesionalisme terdiri atas:

  1. Kemahiran dalam mempergunakan peralatan
  2. Kesiapan dalam menerima tugas
  3. Tanggung jawab dalam pelayanan
  4. Disiplin dalam bekerja
  5. Memiliki keterampilan, sikap, dan pengetahuan

Jurus Ketiga : Anda harus tahu ciri-ciri soal

Setelah Anda tahu indikatornya, selanjutnya Anda harus tahu ciri-ciri soalnya. Sebagai contoh, untuk soal aspek profesionalisme, biasanya mempunyai ciri: adanya gangguan terhadap pekerjaan atau ada pilihan pekerjaan yang lain.

Jurus Keempat : Anda harus tahu cara memilih menjawab

Pada soal TKP ada lima pilihan jawaban yang semuanya ada nilainya. Anda harus fokus bisa memilih jawaban yang bernilai 5. Dari 35 soal, Anda wajib menjawab 29 soal dengan nilai 5. Karena 29 soal dikalikan 5, Anda dapat nilai 145. Sehingga 6 soal yang lain sifatnya tambahan sehingga Anda Dapat Skor TKP 155. Sebagai contoh, untuk soal aspek profesionalisme, pilihlah jawaban untuk tetap fokus pada pekerjaan apapun gangguannya.

Jurus Kelima : Anda harus banyak berlatih

Sepandai-pandainya peserta tes, jika tidak pernah berlatih soal pasti akan bingung juga. Jadi banyak-banyaklah mencoba soal-soal TKP. Seperti pepatah lama mengatakan, “bisa karena biasa”. Terutama berlatih mengerjakan soal CAT langsung di laptop.

Jurus Keenam : Anda harus percaya diri dengan pilihan jawaban

Banyak peserta tes CPNS ketika masih ada sisa waktu mengganti jawaban pada soal TKP. Misalnya Anda awalnya punya nilai 145. Kemudian Anda mengganti satu jawaban pada salah satu nomor bisa berakibat fatal Anda gagal di TKP. Jika satu soal tersebut asalnya mendapat skor 5 dan setelah diganti ternyata sekornya jadi 2. Berarti nilai TKP Anda 145 – 3 = 142. Itu artinya Anda gagal di TKP dan otomatis gagal SKD.

Jurus Ketujuh (Pamungkas) : Banyak Berdoa

Ya benar, Anda tidak salah. Berdoa adalah sumber kekuatan yang tidak terbatas. Berdoa dan berdoalah sepanjang waktu. Termasuk ketika mau mengerjakan soal, ketika memilih jawaban, dan ketika selesai mengerjakan soal. Termasuk minta doa pada orang tua. Minta doa dari orang-orang yang tidak mampu sambil bersedekah kepada mereka.

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Silakan Anda berbagi tugas dengan Allah. Tugas Anda memastikan tindakan dengan belajar seoptimal mungkin. Dan tugasnya Allah menghadiahi Anda dengan kepantasan. Selamat berjuang, semoga keberuntungan menjadi CP