Phone: 0341-578182HP. 62816553755 Email: [email protected]

Materi UTBK Yang Wajib Dikuasai Pejuang SBMPTN

20 September 2021 04:56


Bagi para siswa SMA/MA/SMK/Sederajat yang akan menyelesaikan pendidikannya pastinya ada yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pada jenjang Perguruan Tinggi. Perlu diketahui bahwa jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tidak hanya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dimana seleksi ini didasarkan pada nilai akademik dan prestasi lainnya yang telah ditetapkan oleh PTN. Peserta yang berhak untuk mengikuti SNMPTN adalah peserta yang masuk dalam pemeringkatan sekolah dengan memperhitungkan nilai mata pelajaran.


Selain SNMPTN, juga terdapat SBMPTN sebagai jalur masuk perguruan tinggi. Apa itu SBMPTN?. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dimana proses seleksinya didasarkan pada hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Pada tahun 2021 tes UTBK ini dapat diikuti oleh siswa SMS/MA/SMK/sederajat, lulusan tahun 2019, 2020 dan sudah memiliki ijazah. Kuota penerimaan dalam jalur UTBK minimum adalah 40%.

Lalu apa saja materi yang akan keluar saat tes UTBK Perguruan Tinggi?. Materi yang diujikan dalam tes UTBK adalah soal TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kemampuan Akademik).

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Dalam UTBK tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan diri, seperti potensi kognitif, logika, dan pemahaman umum. Secara umum TPS terbagi menjadi 4 materi utama : TPS Penalaran Umum, TPS Pengetahuan Kuantitatif, TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis, TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

  1. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

Tes ini dibagi dalam beberapa pilihan kelompok ujian yaitu saintek, soshum, atau campuran. Materi ujian TKA Saintek antara lain Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Untuk materi ujian TKA Soshum antara lain Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah. Sedangkan materi ujian untuk TKA Campuran adalah gabungan anrata materi TKASaintek Dan TKA Soshum. Semua tipe soal yang digunakan termasuk kedalam tipe soal HOTS (Higher Order Thingking Skill).

Saran bagi kamu pejuang UTBK 2022 untuk mempersiapkan diri lebih awal. Belajar materi TPS lebih awal sebelum TKA. Ada beberapa alasan harus mempelajari materi TPS terlebih dahulu antara lain : Materi TPS terdapat di semua kelompok ujian, PELUANG MENDAPAT NILAI UTBK TINGGI. Materi TPS jauh lebih mudah, dan membutuhkan kemampuan penalaran dan pemahaman yang baik, dibandingkan dengan materi TKA. Selain itu materi TKA kerap dijumpai di sekolah, berbeda dengan materi TPS yang terbilang cukup asing.

Masterprima hadir menjadi bimbingan belajar  No. 1 di Indonesia. Selama lebih dari 11 tahun telah banyak mengantarkan para pejuang UTBK untuk masuk Perguruan Tinggi terbaik dan tervaforit yang ada di Indonesia,. Banyak informasi, jenis soal, dan strategi untuk menghadapi UTBK yang tidak tersebar di google atau media sosial. Untuk itu Masterprima merupakan solusi dan tempat yang tepat bagi para pejuang SBMPTN untuk memulai mempersiapkan diri.