Phone: 0341-578182HP. 62816553755 Email: masterprima1@gmail.com

Materi Dan Strategi Lulus Seleksi PPPK

19 April 2021 14:04


Kuota hingga satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi guru honorer dibuka pemerintah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan dibukanya seleksi guru PPPK adalah upaya menyelesaikan masalah kekurangan dan kesejahteraan guru honorer di berbagai daerah. “Kita berikan kesempatan yang adil dan demokratis bagi semua guru honorer untuk bisa menjadi PPPK."

"Guru honorer tidak lagi harus antre menjadi PPPK dan tidak ada batasan usia untuk ikut seleksi,” ujar Nadiem saat berdiskusi dengan warga sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (10/2/2021).

Dilansir setkab.go.id, Nadiem mengungkapkan baik PPPK dan PNS statusnya sama-sama aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

“Gaji dan tunjangan PPPK sama dengan PNS. Uang yang diterima tiap bulan itu akan sama, semoga tidak lagi ada mispersepsi,” tegasnya.

Sementara itu untuk menjaga kualitas guru, Mendikbud menggarisbawahi PPPK tetap harus melalui proses seleksi, bukan berdasarkan rekomendasi maupun pertimbangan lama mengajar. “Undang-undang tidak memperbolehkan kita mengangkat PPPK dan PNS tanpa seleksi,” kata Nadiem. Bagi guru honorer yang belum dinyatakan lulus seleksi tahun ini, Nadiem meminta untuk tidak berkecil hati.

 

“Kita buka sampai satu juta. Tapi kalau yang lolos seleksi cuma 100 ribu, ya 100 ribu saja yang kita angkat menjadi PPPK. Tidak akan ada kompromi untuk kualitas pendidikan bagi anak-anak kita,” tandas Nadiem.

Berdasarkan penuturan Nadiem Makarim di atas, para guru sebaiknya mempersiapkan diri sematang mungkin untuk menghadapi tes seleksi PPPK karena daya saing yang tinggi di antara guru se-Indonesia. Berikut kami tayangkan materi tes PPPK 2021:


  • Kompetensi Teknis
    Pada bagian ini peserta akan diuji kompetensinya berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu. Selain itu juga kompetensi pedagogik harus dikuasai oleh peserta tes.
     
  • Tes Bakat Skolastik
    Pada bagian ini peserta akan diuji kompetensinya dalam menganalisa pertanyaan pertanyaan verbal, numerikal, dan figural. Bagian ini akan menunjukkan kemampuan peserta dalam berpikir kritis dan penyelesaian masalah.
     
  • Kompetensi Manajerial
    Pada bagian ini peserta akan diuji pengetahuannya mengenai classroom management atau penguasaan manajemen di kelas. Pertanyaan yang muncul seputar cara mengatur kelas dan sekolah.
     
  • Kompetensi Sosio-kultural
    Pada bagian ini peserta akan diuji kompetensi dalam bersikap terutama saat berhubungan langsung dengan orang lain di sekolah, keluarga, maupun masyarakat.
     
  • Wawancara
    Pada bagian ini peserta akan diberikan kasus kasus yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan wawancara ini, peserta akan diuji kemampuannya menyelesaikan masalah di berbagai situasi dan kondisi.

STRATEGI LULUS TES PPPK 2021

PAKAI JURUS PPPK:

  1. Persiapkan Diri Dari Sekarang
    Materi tes PPPK 2021 memerlukan persiapan yang sangat matang dikarenakan materinya mencakup aspek penalaran, penerapan, dan teknis. Oleh karena itu untuk meraih hasil terbaik diperlukan persiapan yang tidak sebentar. Peserta harus memanfaatkan waktu untuk belajar semaksimal mungkin.
  2. Perbanyak Latihan Soal
    Salah satu langkah untuk memenangkan persaingan di tes seleksi PPPK 2021 adalah dengan melatih diri mengerjakan soal soal sesuai kisi kisi PPPK 2021. Dengan latihan terus menerus, peserta akan terbiasa dengan soal soal yang ada. Sehingga ini bisa memudahkan peserta saat mengerjakan tes sesungguhnya.
  3. Pastikan Tau Trik Cara Cepat Mengerjakan
    Di tes seleksi PPPK 2021, waktu yang disediakan tidak lama. Oleh karena itu peserta perlu memperkirakan waktu mengerjakan yang paling efektif agar tidak kehabisan waktu.
  4. Konsisten Dalam Belajar Dan Beribadah
    Kunci paling penting dari semua usaha adalah konsisten. Tetap ingat tujuan awal adalah menjadi abdi negara bertitel PPPK. Jadi tetap berjuang sampai titik akhir. Dari sisi spiritual juga perlu ditingkatkan. Peserta bukan hanya perlu menambah persiapan secara akademis namun juga spiritual yaitu berhubungan dengan Sang Pencipta. Dengan cara perbanyak ibadah dan bersedekah karena bagaimanapun semua atas izin Allah.

Masterprima siap membantu para guru honorer yang ingin mengubah nasib menjadi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Didukung tentor berkualitas A yang siap memberi arahan trik trik cara cepat mengerjakan soal serta buku modul terupdate eksklusif hanya ada di Masterprima. Info selengkapnya segera hubungi kak Sarah via Whatsapp - KLIK_DISINI