Phone: 0341-578182HP. 62816553755 Email: [email protected]

[Info Update] Lima Kebijakan Baru Di UTBK - SNBT 2023, Kebijakan Nomor Tiga Membuat Siswa Deg-Degan

02 December 2022 18:24


Salam Sobat eMPe ...

Gimana persiapan kamu untuk menghadapi Seleksi Masuk PTN - UTBK di tahun 2023? Mimin doakan semoga kalian dimudahkan dan dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa ... Aamiin.

Oiya, Sobat eMPe semua ... taukah kamu ada yang baru lho dari seleksi UTBK 2023 nanti? Salah satunya, nama ujian berubah. Kalo tahun 2022 kemarin, namanya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahun 2023 nanti akan berubah menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Karena nama nya berubah, maka jelaslah bahwa beberapa syarat dan ketentuan seleksi juga mengalami perubahan.

Berikut mimin eMPe akan jelaskan secara lengkap, berdasar Press Release panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada hari Kamis, 1 Desember 2022. Simak ya...

 

1. Kuota Mahasiswa Baru Jalur SNBT 2023 Minimum 40%

 

2. Peserta Wajib Memiliki Akun di SNPMB

Berikut alur pendaftaran UTBK-SNBT sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun SNBT
  2. Login
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data
    • Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT
    • Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK
  5. Membayar 
    • Biaya UTBK sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
    • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT

 

3. Materi Tes UTBK 2023 Berubah

Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNMPMB) tahun 2023 akan terdiri dari tiga materi ujian yaitu Tes Potensi Skolastik,Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Tes Penalaran Matematika.

a. Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang didesain untuk menguji kemampuan berfikir siswa sekolah calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini berkembang melalui proses belajar dan pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.

TPS terdiri dari empat komponen, ialah Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif. Komponen Penalaran Umum terdiri dari tiga sub-komponen, ialah penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif.

b. Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

c. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

 

4. Tes UTBK Dilaksanakan 2 Gelombang, Peserta Hanya Boleh Ikut 1 Kali.

Jadwal lengkap pelaksanaan UTBK 2023:

a. Gelombang 1 : 8 - 14 Mei 2023

b. Gelombang 2: 22 - 28 Mei 2023

c. Tes dilakukan 2 sesi dalam 1 hari.

 

5. Peserta Boleh Memilih Lintas Jurusan (Merdeka Bertanggung Jawab)

Dalam memilih program studi, setiap peserta diperbolehkan:

a. Memilih dua program studi pada satu PTN.

b. Memilih masing-masing satu program studi pada dua PTN.

 

Nah.Sobat eMPe... itulah beberapa perubahan yang ada pada UTBK - SNBT 2023. Persiapkan diri kamu mulai sekarang ya... Jangan Sampai Terlambat!... Ingat, Saingan kamu sudah mempersiapkan diri sejak awal...

So... Tetap Semangat Dan Terus Berusaha!...

Masterprima JUARA!