Phone: 0341-578182HP. 62816553755 Email: masterprima1@gmail.com

Mengenal Lebih Dekat SKD : Materi Wajib Tes CPNS dan Sekolah Kedinasan

03 November 2020 13:53


 

Hampir 1 Juta Peserta Ikut Tes CPNS 2019

Terdaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah impian banyak orang. Setiap kali seleksi dibuka, ratusan ribu orang berlomba mendaftar dan mempersiapkan diri menjadi yang terbaik. Tes yang selalu menjadi pembuka sebelum tes selanjutnya adalah SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Materi SKD menjadi tolok ukur para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk melangkah ke tes berikutnya.

Itulah mengapa SKD juga menjadi tes yang diujikan pada seleksi masuk sekolah kedinasan. Dikarenakan para taruna yang diterima di sekolah kedinasan secara otomatis diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Walaupun namanya Seleksi Kompetensi Dasar, namun soal soal yang diujikan bukan hanya materi dasar, untuk itu persiapan matang diperlukan sebelum menghadapinya.

Banyak peserta yang gagal karena nilai yang didapat masih berada di bawah nilai minimal. Fakta terbaru sebanyak 11.580 formasi CPNS tahun 2019-2020 yang tidak terisi karena peserta yang mendaftar pada formasi tersebut gagal ambang batas.

Materi, Jumlah Soal dan Bobot Nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Waktu yang disediakan selama 90 menit.

TWK adalah Tes Wawasan Kebangsaan. Materi ini meliputi materi pancasila, UUD, tata negara, dan Kewarganegaraan. Pada tes CPNS tahun 2019-2020, banyak sekali peserta yang gagal di tes ini karena pilihan jawaban yang ada di soal bersifat mengecoh.

TIU adalah Tes Intelijensi Umum. Materi ini meliputi materi figural, numerikal, dan verbal. Pada bagian ini para peserta diharuskan menggunakan logika dalam mengerjakan. Strategi efisiensi waktu dibutuhkan karena banyak peserta mengalami kegagalan karena tidak menggunakan trik-trik hitung cepat.

TKP adalah Tes Karakteristik Pribadi. Materi ini meliputi materi psikologi yang mencakup sifat dan sikap di kehidupan bermasyarakat, bertetangga, bekerja sama dengan rekan sejawat dan sebagainya. Penilaian pada tes ini berbeda dengan TIU dan TWK. Pada TKP, semua pilihan jawaban memiliki bobot nilai 1-5. Peserta dituntut lebih jeli saat memilih pilihan jawaban, agar mendapatkan nilai maksimal.

Materi di atas akan didapatkan oleh semua peserta tes dari berbagai kalangan dan lulusan. Jadi tidak ada perbedaan apakah Anda dari lulusan SMA ataupun S3, apakah Anda lulusan Perawat ataupun Teknik Mesin. Begitu pula untuk peserta yang ingin lanjut ke sekolah kedinasan, tidak ada perbedaan materi untuk lulusan SMA IPA, IPS maupun SMK. Semua mendapatkan materi ujian yang sama. Oleh karena itu persaingan ketat selalu terjadi. Meraih nilai di atas nilai minimum saja tidak cukup. Banyak yang mendapat nilai di atas nilai minimum namun belum berkesempatan maju ke seleksi tahap selanjutnya dikarenakan saat diranking secara nasional, nilainya masih kalah dengan yang lain.

Bersiaplah!
Kesuksesan Akan Menjadi Hadiah Terbaik Bagi Mereka Yang Berjuang Lebih Awal, Lebih Keras, dan Lebih Konsisten.

Masterprima siap membantu bimbingan SKD didukung fasilitas, modul, simulasi CBT standar BKN, dan tentor yang berkualitas.

Ratusan siswa telah sukses menjadi taruna sekolah kedinasan dan pegawai negeri sipil bersama Masterprima, kini giliranmu.

Hubungi CS kami untuk info lengkapnya. Info_Bimbingan_SKD 

Salam Juara! Masterprima